Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengabarkan kepada kita akan kelebihan buah kurma dari buah-buahan yang lain.

Allah me-nyebutkannya di dalam Al-Qur-an pada 20 tem-pat yang berbeda dengan memakai lafazh pohon kurma; an-Nakhl, an-Nakhiil dan an-Nakhlah.

Kurma mendapat tempat istimewa di dalam Al-Qur-an dan sebenar-benar perkataan adalah Kalamullaah (Al-Qur-an al-Karim).

Seperti salah satunya Allah telah menyebutkan dalam surat (QS. Ar-Ra’du: 4) :

“Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar-Ra’du: 4)

Buah kurma mengandung banyak manfaat, di antaranya sangat dianjurkan bagi perempuan yang sedang hamil dan yang akan segera melahirkan. Bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan Maryam binti ‘Imran untuk memakan buah kurma ini ketika beliau sedang nifas.

Dan inilah informasi 8 Manfaat kurma yang akan coba kami bagikan untuk Anda : 

1. BerNutrisi Tinggi

8-manfaat-kurma-untuk-kesehatan

Kurma memiliki Nutrisi yang sangat baik bagi tubuh.  Karena sudah dikeringkan, kandungan kalorinya lebih tinggi daripada kebanyakan buah segar. Kandungan kalori kurma mirip dengan buah kering lainnya, seperti kismis dan buah ara.

Sebagian besar kalori dalam kurma berasal dari karbohidrat. Sisanya berasal dari protein yang sangat sedikit. Kurma juga mengandung beberapa vitamin dan mineral penting dan juga memiliki kandungan serat yang tinggi

3.5-ons (100 gram) mengandung nutrisi berikut :

Calories: 277
Carbs: 75 grams
Fiber: 7 grams
Protein: 2 grams
Potassium: 20% of the RDI
Magnesium: 14% of the RDI
Copper: 18% of the RDI
Manganese: 15% of the RDI
Iron: 5% of the RDI
Vitamin B6: 12% of the RDI

Kurma juga mengandung antioksidan tinggi, yang dapat berkontribusi banyak terhadap manfaat kesehatannya. 

2. Memiliki Kandungan Serat Yang Tinggi

Ingin mendapatkan serat alami yang sangat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Konsumsi kurma menjadi salah satu solusinya.

Dengan hampir 7 gram serat dalam porsi 3,5 ons, termasuk tanggal dalam diet Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan serat Anda. 

Serat dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan Anda dengan mencegah sembelit. Ini membantu gerakan usus menjadi teratur dengan berkontribusi pada pembentukan tinja. 

Dalam sebuah penelitian, 21 orang yang mengkonsumsi 7 kurma per hari selama 21 hari mengalami peningkatan frekuensi tinja dan mengalami peningkatan gerakan buang air besar yang signifikan dibandingkan ketika mereka tidak makan kurma.

Selanjutnya, serat dalam kurma juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Serat memperlambat pencernaan dan dapat membantu mencegah kadar gula darah meningkat terlalu tinggi setelah makan.

Untuk alasan ini, kurma memiliki indeks glikemik rendah (GI), yang mengukur seberapa cepat gula darah Anda naik setelah makan makanan tertentu.

3. Tinggi Antioksidan

Kurma menyediakan berbagai antioksidan yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang ditawarkan, termasuk mengurangi risiko beberapa penyakit.

Antioksidan melindungi sel-sel Anda dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat menyebabkan reaksi berbahaya dalam tubuh Anda dan menyebabkan penyakit.

Dibandingkan dengan jenis buah yang serupa, seperti buah ara dan buah prem kering, kurma tampaknya memiliki kandungan antioksidan tertinggi.

Berikut ini ikhtisar dari tiga antioksidan paling kuat dalam kurun waktu:

Flavonoid: Flavonoid adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan telah dipelajari untuk potensi mereka untuk mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer dan beberapa jenis kanker.

Karotenoid: Karotenoid terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung dan juga dapat mengurangi risiko gangguan terkait mata, seperti degenerasi makula.

Asam fenolat: Dikenal karena sifat anti-peradangannya, asam fenolik dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Dapat disimpulkan : Kurma mengandung beberapa jenis antioksidan yang dapat membantu mencegah perkembangan penyakit kronis tertentu, seperti penyakit jantung, kanker, Alzheimer dan diabetes.

4. Membantu Kesehatan Otak

Konsumsi dapat membantu meningkatkan fungsi otak.

Penelitian laboratorium telah menemukan kurma yang berguna untuk menurunkan penanda inflamasi, seperti interleukin 6 ( IL-6 ) , di otak. Tingkat IL-6 yang tinggi dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer.

Selain itu, penelitian pada hewan telah menunjukkan kurma yang berguna untuk mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak.

Ketika plak menumpuk di otak, mereka dapat mengganggu komunikasi antara sel-sel otak, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel otak dan penyakit Alzheimer.

Sifat-sifat penguat otak yang potensial dari kurma telah dikaitkan dengan kandungan antioksidan yang diketahui dapat mengurangi peradangan, termasuk flavonoid.

Dapat disimpulkan : Kurma bermanfaat untuk menurunkan peradangan dan mencegah plak terbentuk di otak, yang penting untuk mencegah penyakit Alzheimer.

5. Membantu Melancarkan Proses Melahirkan

Kurma telah diteliti sebagai makanan alami untuk membantu ibu hamil agar dapat melahirkan secara Normal.

Kurma menghasilkan hormon oksitosin yang berfungsi merangsang kontraksi rahim dan mempermudah proses persalinan. Ketika persalinan, kontraksi yang lemah biasanya akan diberi tambahan oksitosin lewat jarum suntik untuk kembali menguatkan kontraksi rahimnya. Pada masa pasca persalinan hormon ini akan dikeluarkan ketika bayi sedang menyusui. Peningkatan hormon ini pada masa pasca persalinan akan mempercepat proses penghentian perdarahan serta proses pemulihan anatomi dan fungsi rahim.

Dalam sebuah penelitian, 69 wanita yang mengkonsumsi 6 kurma per hari selama 4 minggu sebelum tanggal jatuh tempo mereka adalah 20% lebih mungkin untuk pergi ke persalinan secara alami dan dalam persalinan untuk waktu yang jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak memakannya.

Studi lain dari 154 wanita hamil menemukan bahwa mereka yang memakan kurma jauh lebih kecil kemungkinannya untuk diinduksi dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Studi ketiga menemukan hasil serupa pada 91 wanita hamil yang mengonsumsi 70-76 gram kurma setiap hari mulai minggu ke-37 kehamilan. Mereka bekerja aktif untuk rata-rata 4 jam lebih sedikit daripada mereka yang tidak makan kurma.

Selain itu , kurma juga bermanfaat untuk menguatkan ketuban.

Ketuban adalah selaput berisi cairan yang menyelimuti seluruh tubuh bayi di dalam kandungan. Kantung ketuban akan pecah sebelum bayi lahir. Namun ada juga kemungkinan bahwa ketuban pecah sebelum waktunya. Ketuban yang pecah sebelum waktunya dapat mengundang sejumlah komplikasi, antara lain infeksi dan peradangan selaput amnion.

Pada penelitian tersebut, kelompok ibu hamil yang mengonsumsi buah kurma memiliki selaput ketuban yang lebih kuat dan tidak mudah pecah sampai sebelum waktunya persalinan tiba dibandingkan dengan kelompok ibu hamil yang tidak mengonsumsi kurma.

6. Kandungan Gula Alami

Kurma merupakan sumber fruktosa, yang merupakan jenis gula alami yang ditemukan dalam buah.

Untuk alasan ini, kurma sangat manis dan juga memiliki rasa seperti karamel yang halus. Kurma membuat pengganti sehat yang bagus untuk gula putih dalam resep karena nutrisi, serat dan antioksidan yang kurma berikan.

 

7. Diet Alami

Anda Sedang Diet ?? Kurma sangat cocok sebagai camilan sehat dan lezat. Mereka sering dikombinasikan dengan makanan lain, seperti almond, selai kacang atau keju lunak.

Kurma juga sangat lengket, yang membuatnya berguna sebagai pengikat dalam makanan yang dipanggang, seperti kue dan bar. Anda juga dapat menggabungkan kurma dengan kacang dan biji untuk membuat camilan sehat atau bola energi, seperti dalam resep ini.

Selain itu, Anda dapat menggunakan kurma untuk mempermanis saus, seperti salad dressing dan bumbu-bumbu, atau memadukannya ke dalam smoothie dan oatmeal.

Jadi , Ada banyak cara untuk makan kurma. Mereka umumnya dimakan polos tetapi juga dapat dimasukkan ke dalam hidangan populer lainnya.

8. Manfaat Kesehatan Yang Lain ..

Kurma telah diklaim memiliki beberapa manfaat kesehatan lain yang belum diteliti secara luas.

Kesehatan tulang : Kurma mengandung beberapa mineral, termasuk fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Semua ini telah dipelajari untuk potensi mereka untuk mencegah kondisi terkait tulang seperti osteoporosis.

Kontrol gula darah : Kurma memiliki potensi untuk membantu regulasi gula darah karena indeks glikemik rendah, serat dan antioksidan. Dengan demikian, makan mereka dapat bermanfaat bagi manajemen diabetes.

Ringkasan ..

Tidak salah jika Allah telah mewahyukan dalam Al-Quran mengenai buah kurma agar kita mengkonsumsi buah Kurma, yang ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Surah Al-An’aam ayat 141
Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon kurma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.